Cara Ternak Burung Murai Batu Medan Super

Advertisement

Cara Ternak Burung Murai Batu Medan Super – Apakah kawan kawan adalah pecinta burung kicau sejati, jika iya pastilah kawan kawan semua kenal akan burung murai batu medan. Burung murai batu medan adalah burung yang suara kicaunya sangatlah bagus, selain suaranya yang bagus burung murai batu medan juga merupakan burung yang sangat indah, dan yang tidak kalah pentingnya adalah burung murai batu medan adalah salah satu burung yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Tentunya penangkapan secara ilegal sudah di larang maka dari itu akan saya berikan tips atau informasi mengenai cara ternak burung muai medan super, agar kawan kawan bisa mengembang biakan untuk bisnis dan juga melestarikannya.

ternak murai batu medanCara Berternak Murai Batu Medan

Pemeliharaan untuk ternak tentunya berbeda dengan pemeliharaan untuk kicauan saja dan yang paling penting adalah kawan kawan harus menyiapkan indukan yang baik, maka dari itu siapkanlah pejantan dan betina yang baik agar nantinya kawan kawan semua mendapatkan peranakan murai batu medan yang bagus bagus.

Setelah memiliki indukan yang bagus, maka kawan kawan tinggal menentukan lokasi yang nantinya bakalan menjadi tempat atau kandang untuk murai batu berkembang biak. Kalau saran saya lokasi yang baik adalah lokasi yang jauh dari hingar bingar atau suara suar bising dari kendaraan ataupun yang lainnya atau simpelnya tempat yang tenang dan bersih tentunya. Jauhkan lokasi dari suara atau kicauan burung lainnya karena itu juga sangat penting.

Advertisement

Setelah lokasi sudah anda dapatkan maka kawan kawan tentunya menyiapkan kandang yang bakalan bisa untuk murai beranak pinak dengan baik dan aman bukan, dan kandanng untuk murai batu medan beternak sebaiknya berukuran minimal 90 cm lebar, 90 cm panjang serta 180 cm tingginya dan jika lebih lebar lebih bagus.

Kandang haruslah mendapatkan cahaya matahari yang cukup dan alas sebaiknya menggunakan tanah langsung, karena akan mengurangi kelembaban yang di sebabkan oleh kotoran burung dan bila perlu di campur dengan sedikit pasir. Gunakanlah dinding kandang yang baik, agar terhindar dari gangguan tikus atau binatang lainnya.

Akan lebih baik jika kawan kawan melengkapi kandang dengan air yang terus mengalir, karena bisa membuat serasa di alam liar atau habitat aslinya serta sediakan juga sarang lebih dari satu, atau minimal 3, karena belum tentu burung cocok akan satu sarang saja, maka dari itu sediakan sarang dengan bentuk yang agak berbeda beda.

Selanjutnya mengenai pakan, pakan sebaiknya di sediakan lebih dari 3 jenis, misalkan ada jangkrik, cacing serta kroto, namun kawan kawan juga menyediakan juga voer agar burung tidak terlalu tergantung dengan pakan alami, karena pakan alami kan terkadang sulit di dapatkan bukan.

Ternak Burung Murai Batu

Apabila sudah mendapatkan anakan maka perawatan anakan murai batu medan maka sebaiknya anda melakukan pengamatan, agar anda tahu apakah indukan merawat anakan dengan benar, karena biasanya indukan ada yang tidak suka dengan anakannya, dan apabila hal itu terjadi, maka ambilah anakan dan letakan di tempat yang hangat seperti kardus yang di lampui atau tempat yang lainnya yang penting hangat. Untuk pemakanan maka berikanlah makanan alami sperti jangkrik dan kroto 3 kali lipat dari biasa, dan anda merawat anakan sendir maka berikan makanan alami secukupnya sehari 3 sampai lima kali, dan bila ingin di tambahkan voer maka pilihlah voer yang paling halus.

Nampaknya dari awal sampai akhir mengenai tips ternak murai batu medan yang super sudah selesai saya berikan kepada kawan kawan semua, namun apabila kawan kawan ingin tahu informasi yang lainnya mengenai burung, maka kawan kawan bisa lihat atau baca mengenai cara membedakan burung murai batu jantan dan betina.

Advertisement
Cara Ternak Burung Murai Batu Medan Super | | 4.5