Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina

Advertisement

Cara Membedakan Burung Anis Kembang – Burung Anis kembang adalah jenis burung yang tergolong burung monomorfik. Burung anis kembang atau juga dikenal dengan sebutan punglor kembang atau anis cacing termasuk salah satu burung kicau, karena memiliki kualitas suara atau kicau sangat merdu. Di Indonesia Burung anis menjadi salah satu burung favorit, karena kicauannya yang gacor burung ini menjadi buruan para pecinta burung kicau. Walaupun Harga Burung Anis Kembang ini tergolong mahal tetapi para pencinta burung kicau tidak mempedulikan masalah harga, karena kicauannya sangat merdu.

Bukan hanya merdu saja, burung anis ini juga mempunya kelebihan tersendiri, Kelebihan Burung Anis Kembang yaitu unik dan mampu memberikan nilai ekonomi jika ditangkarkan. Saat ini Habitat Burung Anis Kembang ada dibeberapa hutan di wilayah Asia Tenggara, diIndonesia tersebar diwilayah Nusa Tenggara dan Sunda Besar. Populasi anis kembang di daerah – daerah tersebut sudah menyusut karena pemburuan liar oleh pihak atau pecinta burung yang nakal. Menurut catatan badan pecinta burung Indonesia atau BirdLife Indonesia, anis kembang saat ini mudah dijumpai di Flores dan Kalimantan pada dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1000m. Untuk itu bagi para pecinta burung harap saling menjaga kelestarian dan populasi burung anis kembang, jangan sampai habitat atau populasi burung anis kembang ini punah.

Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina

Advertisement

Selanjutnya untuk Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan Dengan Burung Anis Kembang Betina agak sedikit susah, pasalnya burung anis kembang tergolong burung monomorfik yang artinya anis kembang jantan dan betina mempunyai penampilan yang sama tidak bisa dibedakan dari ciri – ciri fisiknya saja. Oleh karena itu anda wajib mengetahui Ciri Burung Anis Kembang Jantan dan Ciri Burung Anis Kembang Betina agar saat anda membeli burung anis kembang tidak salah membelinya.

Cara Membedakan Burung Anis Kembang

Pertama yang kalian lakukan harus mengetahui Ciri Burung Anis Kembang Jantan seperti Burung Anis Jantan masih anakan atau trotolan atau bakalan ketika mengriwik paruhnya akan membuka dan ketika sudah dewasa burung anis kembang jantan memiliki mata yang menonjol atau melotot dengan bulu ditubuhnya berwarna mengkilap dan terdapat bulu hitam atau abu-abu yang berlekuk seperti awan pada bagian pantat. Pada bagian kaki, anis kembang jantan memiliki kaki yang lebih rapat dari anis kembang betina. Lalu untuk Ciri Anis Kembang Jika didekatkan dg Anis kembang betina, Anis kembang jantan akan merunduk atau menyundul-nyundul sambil berkicau.

Sedangkan untuk Ciri – Ciri Burung Anis Kembang Betina saat masih bakalan atau anakan mengriwiknya hanya mengembangkan lehernya meskipun suaranya keras, kemudian ketika burung anis kembang betina tumbuh dewasa dia akan memiliki mata datar dengan bulu berwarana yang tidak begitu mengkilap atau tidak kontras, dibagian pantat terdapat bulu berwarna putih (bisa putih keruh bisa juga putih bersih), dengan kaki berbentuk kaki yang renggang dan sedikit merunduk. Lalu Ciri Burung Anis Kembang Betina jika burung ini didekatkan dengan anis kembang jantan yang berkicau, anis betina akan mengembangkan-ngembangkan atau menggetarkan sayapnya karna hal tersebut menandakan burung anis kembang betina merespon kicauan anis kembang jantan. Kemudian perlu kalian ketahui bahwa apa yg dituliskan oleh kami diatas tentang Ciri Burung Anis Kembang memang bukan ciri mutlak, tetapi Perbedaan Burung Anis Kembang Jantan dengan Burung Anis Kembang Betina betina berdasarkan pengalaman pecinta burung anis kembang yg telah lama memelihara burung tersebut

Advertisement
Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina | tegar sakti | 4.5