Tips Cara Menjinakan Cucak Ijo Untuk Lomba Paling Jitu

Advertisement

Cara Menjinakan Cucak Ijo | Burung cucak ijo adalah salah satu jenis burung berkicau yang memiliki warna bulu hijau, oleh sebab itu burung ini diberi nama cucak ijo atau hijau. Burung cucak ijo juga termasuk salah satu jenis burung yang sering diperlombakan dalam perlombaan burung. Karena memang burung cucak ijo ini termasuk salah satu jenis burung yang memiliki kicauan yang sangat bagus dan indah juga jika berikicau.

Selain memiliki kicauan yang bagus, burung cucak ijo juga memiliki warna bulu yang cukup indah. Dengan warna bulunya yaitu hijau, kemudian pada bagian paruh dan sedikit pada bagian bawah memiliki warna hitam. Dan hal tersebut pulalah yang menjadikan banyak orang memelihara burung cucak ijo. Dan diantara anda – anda sekalian ini juga mungkin ada yang sangat suka dengan burung cucak ijo ini.

Bagi anda yang sekiranya suka dengan burung cucak ijo, dan kebetulan anda memiliki burung cucak ijo yang masih giras. Maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk melihat terlebih dulu pembahasan mengenai cara menjinakan cucak ijo yang pada kesempatan hari ini akan coba kami bahas untuk anda. Barang kali saja dengan anda melihat terlebih dulu pembahasan yg akan kami sajikan hari ini, burung cucak ijo milik anda itu akan menjadi tidak giras lagi.

Advertisement

Karena burung cucak ijo yang masih giras tentunya tidak dapat diikut sertakan dalam perlombaan, sehingga untuk anda yang memiliki niatan untuk memperlombakan burung cucak ijo milik anda tersebut. Maka sebaiknya jika anda menjinakan burung cucak ijo milik anda itu terlebih dulu. Untuk anda yang memang sekiranya tertarik ingin mengetahui cara menjinakan burung cucak ijo yang akan saya sajikan kepada anda – anda sekalian hari ini.

Maka kita dapat melihat informasi tersebut secara lengkap bersama – sama dibawah ini. Sehingga bagi anda yang sekiranya belum mengetahui bagaimana cara menjinakan burung cucak ijo tersebut jadi mengetahui cara menjinakannya. Dan tentunya jika anda ingin mengikut sertakan burung cucak ijo milik anda dalam perlombaan, anda jadi bisa mengikut sertakan burung milik anda tersebut didalam perlombaan burung berkicau.

Cara Menjinakan Cucak Ijo
Cara Menjinakan Cucak Ijo Untuk Lomba

  1. Pemberian makan, salah satu cara meninjikanan burung cucak ijo ialah dengan cara mengatur pemberian makan. Anda bisa mengkosongkan tempat makan burung milik anda itu pada saat malam hari sampai pagi hari. Hal tersebut bertujuan supaya burung cucak ijo kelaparan sampai pagi harinya. Pada saat pagi harinya, anda bisa memberikan makan burung cucak ijo dengan jangkrik yang ditusuk menggunakan lidi.Pada pemberian makan hari pertama anda bisa membuat ukuran pajang lidi kurang lebih 10 cm, kemudian pada hari berikutnya anda bisa mengurangi panjang lidi 2 cm. Dan lakukan hal tersebut secara rutin sampai akhirnya anda memberikan pakan jangkrik terhadap burung tersebut menggunakan tangan. Hal tersebut bertujuan supaya burung cucak ijo tidak takut lagi dengan manusia, ketika burung cucak ijo masih merasa takut dengan manusia, maka burung tersebut akan menjadi giras ketika melihat manusia.
  2. Posisi penempatan burung, langkah berikutnya untuk cara menjinakan burung cucak ijo ialah dengan cara menempatkan sangkar burung cucak ijo pada tempat yang banyak dilalui orang atau ramai. Hal tersebut memiliki tujuan yang sama dengan cara pemberian makan diatas, yaitu bertujuan agar burung cucak ijo bisa beradaptasi dengan manusia. Ketika burung sudah dapat beradaptasi dengan keramaian, maka burung tersebut tidak akan menjadi giras lagi.
  3. Memandikan burung, burung cucak ijo liar memang sangat takut terhadap yang namanya manusia, oleh karena itu bagi anda yang memiliki burung cucak ijo liar alangkah baiknya jika anda menjinkanan burung tersebut. Langkah berikutnya untuk menjinakan burung cucak ijo liar ialah dengan cara memandikannya sampai basah kuyup, anda bisa memandikan burung cucak ijo dalam sangkar khusus untuk mandi sembari menyemportnya dengan spray. Hal tersebut bertujuan agar burung menjadi basah kuyup.Ketika kondisi burung sudah basah kuyup, maka burung tidak akan kelabakan atau terbang ke sana kemari. Dan kondisi burung juga akan menjadi lapar, dan pada saat selesai memandikan burung, anda bisa memberikan pakan kepada burung cucak ijo dengan cara yang sudah dijelaskan oleh kami diatas. Yaitu diberi makan jangkrik dengan cara ditusukan pada lidi.

Demikian itu kiranya untuk Cara Menjinakan Cucak Ijo Untuk Lomba Paling Jitu yang pada kesempatan hari ini kami dapat sajikan kepada anda, semoga saja dari tips cara menjinakan burung yang baru saja kami sajikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat untuk anda. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin masih ingin kembali mengetahui beberapa informasi tentang burung lainnya yg sudah pernah kami sajikan.

Maka kami sarankan kepada anda untuk coba kembali melihat juga perbedaan cucak ijo jantan dan betina, siapa tahu saja ada diantara anda – anda sekalian yang sedang mencari pembahasan tentang cara membedakan burung cucak ijo jantan dan betina. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat informasi tentang burung yang sudah pernah kami sajikan kepada anda beberapa waktu yang lalu itu.

Atau untuk anda yang kiranya mungkin merasa sudah mengetahui pembahasan mengenai hal tersebut, maka anda masih bisa mencoba kembali melihat-lihat beberapa informasi tentang burung lainnya lagi yg kami sudah pernah sajikan. Siapa tahu saja salah satu diantara informasi tentang burung yang sudah pernah kami sajikan kepada anda – anda sekalian pada kesempatan sebelumnya itu ada yang sesuai dengan informasi yg sedang dicari oleh anda.

Save

Advertisement
Tips Cara Menjinakan Cucak Ijo Untuk Lomba Paling Jitu | vengking | 4.5