4 Cara Menurunkan Birahi Lovebird Yang Berlebihan

Advertisement

Cara Menurunkan Birahi Lovebird | Lovebird atau burung cinta adalah salah satu jenis burung berkicau yang memiliki ukuran kurang lebih 13 sampai 17 cm dgn beratnya sendiri antara 40 sampai 60 gram. Dan burung lovebird ini memiliki sifat bersosial, karena burung ini tidak pernah berpergian sendiri. Minimal burung ini akan pergi bersama pasangannya. Dan dihabitat aslinya, burung ini memiliki saifat monogami atau hanya memiliki satu pasangan.

Umur lovebrid sendiri dihabitat aslinya bisa mencapai 10 hingga 15 tahunan, sehingga burung ini menjadi salah satu jenis burung yang memiliki umur panjang. Dan burung lovebird juga termasuk salah satu jenis burung yang banyak disukai oleh para pecinta burung, hal tersebut dikarenakan memang tampilan warna bulu dari burung ini yang begitu indah. Serta kicauan suara lovebrid yang memang juga bagus didengarkan, sehingga tidak sedikit orang yang suka dengan burung ini.

Selain itu, cara merawat lovebird juga termasuk mudah, karena burung ini merupakan salah satu jenis burung yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Sehingga tidak heran apabila anda membeli burung lovebrid dari tempat yg jauh masih tetap bisa gacor di tempat tinggal anda. Dan pada kesempatan ini, kami dari admin manukgacor.com ingin memberikan informasi tentang cara menurunkan birahi lovebrid kepada para pecinta burung sekalian.

Advertisement

Siapa tahu saja burung lovebird milik anda ini ada yang sedang over birahi, maka dari itu alangkah baiknya apabila anda melihat terlebih dulu pembahasan yang pada kesempatan hari ini akan coba kami sajikan kepada anda. Dengan anda melihat terlebih dulu cara mengatasi lovebird birahi tinggi yang akan kami sajikan utk hari ini, siapa tahu saja burung milik anda itu akan kembali normal. Karena lovebrid over birahi itu sendiri juga tidak baik, apalagi utk perlombaan lovebrid.

Dan bagi anda yang kebetulan belum mengetahui bagaimana cara menurunkan birahi lovebird, maka alangkah baiknya jika kita langsung saja melihat bersama-sama pembahasan akan cara mengatasi lovebird birahi tinggi yang akan kami bahas kepada anda – anda sekalian dibawah ini. Sehingga bagi anda yang sekiranya memiliki burung lovebird over birahi bisa langsung mengatasinya dengan cara melihat pembahasan yang akan kami sajikan dibawah ini.

Cara Menurunkan Birahi Lovebird
4 Cara Menurunkan Birahi Lovebird

Meningkatkan Frekuensi Mandi

Selain dapat membersihkan burung, fungsi mandi bagi burung juga dapat mengatur tingkat birahi dari si burung itu sendiri. Sehingga utk burung yang sekiranya sedang over birahi seperti burung lovebrid, anda bisa meningkatkan frekuensi mandinya. Dan untuk waktu mandi burung yang baik itu sendiri ialah pagi hari sekitar pukul 7 pagi, sedangkan utk sore hari bisa dimandikan sekitar pukul 3 sore, sedangkan utk malam hari bisa dimandikan sekitar pukul 10 malam.

Untuk mandi malam mungkin jangan terlalu sering dilakukan, namun bagi burung yang sedang over birahi bisa dilakukan mandi malam. Dan waktu lama memandikannya pun bisa ditingkatkan, misalnya anda memandikan burung biasanya hanya 15 menit setiap kali mandi, maka pada saat burung lovebrid sedang over birahi bisa dimandikan lebih lama lagi sekitar 30 menitan. Untuk cara memandikannya sendiri bisa dilakukan sesuai dengan yg anda inginkan, baik itu disemprot atau menggunakan sangkar khusus mandi.

Melakukan Penjemuran dan Pengembunan secara Teratur

Pengembunan merupakan proses diangin-anginkannya burung pada waktu pagi, dimana cuaca pagi hari yang masih dingin dan segar dpt lebih menenagkan burung. Waktu yang baik untuk pengembunan ialah pada saat pagi hari sebelum matahari terbit, bisa dilakukan sekitar pukul 6 pagi sebelum burung dimandikan. Dan setelah selesai melakukan proses pengembunan, maka selanjutnya ialah melakukan proses penjemuran.

Proses penjemuran juga sangat baik bagi burung, dan waktu penjemuran burung yang baik itu sekitar pukul 8 pagi sampai 10 pagi. Dimana matahari pada saat jam tersebut masih banyak mengandung vitamin D, sehingga burung akan lebih banyak mendapatkan vitamin D tersebut pada saat dijemur. Namun setelah pukul 10 ke atas sebaiknya tempatkan burung pada tempat yg teduh, karena panas matahari diatas jam 10 itu sudah mengandung ultraviolet yg dpt merusak bulu burung.

Hindari Makanan Kwaci, Jagung, dan Kangkung

Ketka lovebrid milik anda itu sedang over birahi, sebaiknya burung anda itu jangan diberi makan kwaci, jagung, dan juga kangkung terlebih dulu. Hal tersebut karena ke tiga makanan tersebut banyak mengandung afrodisiak yg dapat merangsang birahi burung lovebird. Untuk penggantian makan tersebut, maka anda dapat memberikan EF berupa multivitamin Ebod Vit sebanyak 3 tetes utk satu tempat minum burung.

Tempatkan Lovebird Pada Kandang Polier

Kandang polier adalah jenis kandang yang digunakan untuk ternak burung, karena kandang tersebut memiliki ukuran yang besar. Sehingga burung akan jauh lebih bebas atau lebih leluasa bergerak. Namun perlu diingat, apabila didalam kandang polier itu jangan ditempatkan lebih dari satu burung yang over birahi. Karena jika dalam satu sangkar burung polier terdapat lebih dari satu burung over birahi, tidak menutup kemungkinan bagi burung tersebut akan bertarung.

Ciri Ciri Lovebird Birahi Terlalu Tinggi

  • Lovebrid tampak seperti mengawini pangkringan atau tempat pijakan burung.
  • Lovebird akan mencabuti bulunya sendiri yg akibatnya bisa merusak bulu burung lovebird itu sendiri.
  • Lovebird menjadi lebih agresif dan terlihat sangat galak, dengan menunjukan perilaku yang tidak seperti biasanya.
  • Lovebird akan mengalami macet bunyi atau bahkan tidak berbunyi sama sekali.
  • Ketika lovebrid sedang memiliki anakan, maka burung tersebut akan acuh terhadap anaknya.

Mungkin informasi tentang 4 Cara Menurunkan Birahi Lovebird Yang Berlebihan yang baru saja kami sajikan diatas tadi itu sudah cukup sekian saja dulu, semoga saja dari cara menurunkan birahi lovebird yang baru saja kami sampaikan diatas tadi itu dapat memberikan bantuan kepada anda. Dan bagi anda yang mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa tips seputar merawat burung lainnya lagi yg sudah pernah kami sajikan sebelumnya.

Maka anda masih bisa kembali melihat cara setting lovebird untuk lomba, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan perawatan terhadap burung lovebird yang akan mengikuti perlombaan. Maka dari itu alangkah baiknya apabila anda melihat kembali informasi tentang burung yang beberapa waktu lalu itu baru saja kami bahas untuk anda-anda sekalian para pecinta burung.

Dan bagi anda yang mungkin merasa sudah mengetahui hal tersebut, maka anda masih bisa melihat kembali beberapa informasi tentang burung lainnya. Karena mungkin saja anda akan dapat menemukan informasi burung yang sesuai dengan informasi yg sedang dicari oleh anda. Atau mungkin juga anda bisa menunggu update pembahasan tentang burung lainnya yang akan coba terus kami sajkan utk setiap harinya hanya untuk anda.

Save

Advertisement
4 Cara Menurunkan Birahi Lovebird Yang Berlebihan | vengking | 4.5