Inilah Cara Perawatan Kacer Mabung Pertama Pemula

Advertisement

Perawatan Kacer Mabung | Burung kacer adalah jenis burung berkicau berukuran kecil yg memiliki warna hitam dan putih, serta bentuk ekor burung ini panjang. Dan ekor burung kacer akan terangkat keatas ketika mereka sedang mencari makan ditanah atau terkadang pada saat bertengger. Burung kacer juga memiliki nama lain yaitu Kucica Kampung yang diambil dari bahasa latin yaitu Copsychus Saularis, dan burung ini banyak ditemukan didaerah Asia Selatan dan Tenggara.

Di Indonesia sendiri, keberadaan burung kacer dihabitat aslinya sudah mulai punah, hal tersebut dikarenakan oleh penangkapan yg berlebihan guna utk dipelihara. Dihabitat aslinya, burung kucica kampung ini suka sekali menjelajah berbagai macam lingkungan dan kecepatan burung ini juga mengungguli burung kerabatnya yaitu murai batu. Habitat asli burung kacer ialah dataran rendah yg ketinggiannya mencapai 1000 meter diatas permukaan laut.

Burung berkicau yang satu ini mungkin salah satu jenis burung kicau yang cukup banyak diminati oleh para pencinta burung, karena memang kicauan burung kacer terdengar sangat merdu. Selain itu juga banyak perlombaan yang diadakan utk kelas burung kacer, dan diantara anda – anda sekalian ini juga mungkin ada yg suka ikut perlombaan burung kacer. Adapun untuk anda yg mungkin suka memelihara burung kacer, apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara perawatan kacer mabung.

Advertisement

Karena pada saat proses ini sangat dibutuhkan sekali perawatan khusus untuk burung kacer ini, dan bagi anda yang sekiranya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kacer mabung. Maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yg tepat, karena hari ini kami ingin memberi tahukan mengenai pembahasan tentang cara perawatan kacer mabung pertama. Sehingga bagi anda yg masih pemula dalam hal memelihara burung kacer, maka akan sangat pas apabila anda melihat terlebih dulu penjelasan yg akan kami sampaikan hari ini.

Dengan anda mengetahui bagaimana cara merawat kacer mabung tersebut, maka burung kacer yang sedang anda pelihara tersebut akan dapat menjadi lebih bagus lagi kicauannya. Untuk anda – anda yg mungkin merasa sudah ingin mengetahui secara lengkap bagaimana cara perawatan kacer mabung yg akan kami bahas hari ini, maka silahkan anda langsung saja melihat informasi selengkapnya dibawah ini bersama – sama dengan kami.

Cara Perawatan Kacer Mabung Pertama

Perawatan Kacer Mabung Pertama
1. Tempatkan pada tempat yang sunyi, hal pertama yang harus dilakukan bagi anda yang memiliki burung kacer mabung ialah menempatkan pada tempat yang sunyi dan tidak banyak dilewati orang, hal tersebut bertujuan agar si burung lebih tentang. Karena pada saat proses ini burung akan cenderung lebih terganggu pisikolognya, dikarenakan rasa sakit akbiat kehilangan bulu. Maka dari untuk lebih membantu burung tetap tenang dan berkonsentrasi, tempatkan burung ditempat yg sunyi jauh dari orang dan burung milik anda yg lainnya.

2. Dengarkan suara masteran burung, jangan lupa untuk selalu memasteri burung kacer mabung anda dengan berbagai macam varian kicauan burung yg anda miliki, hal tersebut akan lebih membantu burung kacer agar kicauannya lebih bervariasi. Karena pada saat proses mabung ini, konsentrasi burung jauh lebih tinggi. Sehingga akan sangat pas apabila pada proses ini kita memberikan masteran suara kicauan burung.

3. Mengurangi gangguan konstan, gangguan konstan yang dimaksud disini ialah gangguan – gangguan yang dilakukan cukup sering dilakukan seperti misalnya melakukan penggantian air dan makanan, kemudian melakukan pembersihan kandang. Usahakan pada saat burung sedang proses mabung agar tidak terlalu sering melakukan hal tersebut, anda cukup melakukan hal tersebut 1 atau 2 kali dalam satu minggu. Sehingga burung kacer itu sendiri tidak akan merasa terganggu.

Pantangan Saat Kacer Mabung

Proses mabung atau bergantinya bulu itu merupakan salah satu proses yang cukup penting, dimana pada saat itu kondisi burung tergolong lemah karena rasa sakit yang diakibatkan rontoknya bulu. Sehingga hal tersebut akan membuat kita harus melakukan perawatan ekstra terhadap burung mabung, selain memperhatikan bagaimana cara perawatan kacer mabung. Kita juga harus memperhatikan pantangan saat kacer mabung, dimana beberapa pantangan pada saat kacer mabung ialah sebagai berikut.

1. Dilarang Memandikan Burung

Banyak yang mengatakan pada saat proses mabung itu burung tetap dimandikan, akan tetapi hal tersebut justru akan membuat proses mabung itu sendiri menjadi lebih lama. Jika memang anda ingin memandikan burung kacer mabung, alangkah baiknya dilakukan dalam waktu satu minggu satu kali saja. Atau alangkah baiknya jika dilakukan pada saat bulu jarumnya sudah mulai muncul, hal tersebut berarti burung tidak boleh dimandikan selama proses mabung.

2. Stop Pemberian EF Protein Tinggi

Pada saat burung kacer mabung, alangkah baiknya jika pemberian EF atau Ekstra Food yang mengandung protein tinggi itu dihentikan terlebih dulu. Hal tersebut bertujuan agar birahi dari si burung tidak meningkat, adapun beberapa EF yang sebaiknya tidak diberikan ialah ulat hongkong, jangkrik, dan kroto atau telur semut. Adapun untuk makanan yang sebaiknya diberikan kepada burung kacer mabung ialah voer yg banyak mengandung mineral dan juga gizi. Hal tersebut bertujuan supaya kondisi burung lebih cepat Fit (Baca juga : Makanan kacer cepat gacor)

3. Tidak Membersihkan Kandang

Banyak yang beranggapan jika burung kacer mabung itu tidak boleh diganggu sama sekali, seperti misalnya tadi yg sudah kami jelaskan diatas yaitu tidak boleh memandikan atau bahkan membersihkan kandang. Dengan kita tidak membersihkan kandang burung kacer itu sendiri, maka hal tersebut justru akan membuat kondisi burung kacer akan mudah terkena penyakit dari kotorannya sendiri. Maka dari alangkah baiknya tetap membersihkan kandang, namun tidak dilakukan secara rutin. Kita bisa membersihkan sebanyak satu kali saja dalam satu minggu.

4. Tidak Boleh Menjemur Burung

Pantangan saat kacer mabung berikutnya ialah tidak boleh menjemur burung kacer, dengan anda melakukan penjemuran terhadap burung. Maka hal tersebut justru akan memperlambat proses mabung burung kacer itu sendiri, kalaupun memang anda ingin menjemur burung kacer milik anda, maka sebaiknya jangan dijemur terlalu lama. Kurang lebih anda bisa menjemur burung kacer selama 15 atau 20 menitan saja, dimana waktu umum untuk menjemur burung itu sampai 3 jaman.

Demikian itu sedikit informasi mengenai Inilah Cara Perawatan Kacer Mabung Pertama Pemula yang pada kesempatan hari ini kami dapat sajikan utk anda, mudah – mudahan saja dari sedikit informasi tentang cara perawatan kacer mabung pertama yg baru saja kami bahas diatas tadi itu dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada anda – anda sekalian mengenai cara merawar kacer mabung yg belum anda ketahui.

Adapun untuk anda yg sekiranya mungkin merasa masih ingin mengetahui kembali beberapa informasi tentang burung kacer lainnya, maka silahkan bagi anda untuk kembali baca juga persiapan burung kacer untuk lomba. Barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian yang sekiranya merasa ingin mengikut sertakan burung kacer milik anda itu sebuah perlombaan burung, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat terlebih dulu informasi yg sudah kami sajikan sebelumnya itu.

Atau untuk anda yg mungkin merasa kurang tertarik atau mungkin juga sudah mengetahui informasi tersebut, maka kami sarankan kepada anda untuk melihat – lihat kembali beberapa informasi tentang cara perawatan burung lainnya lagi yg sudah pernah kami sajikan sebelumnya. Siapa tahu saja salah satu dari informasi yg sudah pernah kami sajikan sebelumnya itu akan ada yg sesuai dengan informasi yg memang sedang anda cari.

Save

Advertisement
Inilah Cara Perawatan Kacer Mabung Pertama Pemula | vengking | 4.5