Kandang dan Cara Ternak Kacer Yang Benar Tepat

Advertisement

Kandang dan Cara Ternak Kacer Yang Benar Tepat – Saat ini mungkin sudah tidak sedikit lagi orang yang menyukai burung kacer, karena burung yang satu ini memiliki jenis suara yang begitu indah dan burung ini juga termasuk salah satu jenis burung untuk kejuaran yang telah di akui. Sehingga banyak perlombaan untuk burung yang satu ini, dan banyak pula di ikuti oleh para pecinta burung kacer dimana pun mereka berada.

Selain itu, harga burung ini juga terbilang cukup terjangkau dan juga stabil, sehingga banyak juga orang yang ingin mencoba untuk menternakan burung ini untuk diperjual belikan. Cara beternak karcer itu sendiri tergolong gampang – gampang susah, karena tidak banyak orang sukses melakukan ternak burung kacer. Akan tetapi juga masih ada banyak yang gagal dalam beternak kacer, terutama untuk para pemula yang masih belum mengetahui cara ternak kacer yang benar.

Nah, bagi anda yang tertarik ingin mencoba untuk melakukan ternak terhadap burung kacer ini, maka anda harus mengetahui beberapa hal yang perlu anda perhatikan supaya bisa mendapatkan anakan kacer yang bagus. Karena ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika ingin melakukan ternak kacer, mulai dari pemilihan induk kacer yang bagus hingga bentuk sangkar yang cocok untuk melakukan ternak. Jadi untuk anda yang berniatan ingin melakukan ternak kacer, mungkin anda bisa melihat terlebih dulu cara ternak kacer dari kami ini.

Advertisement

Barang kali saja setelah anda melihat bagaimana cara ternak kacer yang akan kami berikan untuk sekarang ini, yang tadinya anda mungkin gagal dalam ternak burung kacer atau mungkin juga bagi anda yang merasa belum mengetahui cara beternak kacer itu sendiri akan mengetahuinya dengan lengkap pada pembahasan yang akan coba kami sajikan dengan cukup lengkap ini. Untuk itu tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat secara lengkap cara ternak burung kacer berikut ini.

cara ternak kacer

Cara Ternak Kacer Yang Benar

  1. Pemilihan induk yang tepat, burung yang akan menjadi indukan ada baiknya itu tidak cacat, ukuran badannya besar dan panjang, memiliki gerakan yang gesit, tatapan matanya tajam, sudah masuk dalam periode birahi, dan yang terpenting ialah rajin berkicau.
  2. Dekatkan indukan betina dan indukan jantan pada kandang yang berbeda, tunggu sampai sang jantan sudah berkicau terus menerus dan sudah ditanggapi oleh indukan betina. Jika kedua indukan tersebut sudah akur, maka tinggal disatukan kedalam kandang penangkaran yang sudah anda buat.
  3. Setelah kedua burung itu disatukan dalam kandang penangkaran, maka tidak lama kemudian sang betina pasti akan bertelur. Dan umumnya burung ini dapat bertelur antara 2 hingga 3 telur.
  4. Jika sang burung sudah bertelur, maka hal selanjutnya ialah masa pengeraman. Dimana untuk masa ini, burung akan mengerami telurnya selama kurang lebih 14 hari atau dua minggu sejak bertelur. Namun hal tersebut juga masih tergantung dari kondisi cuaca dan kondisi sang induk yang rajin atau tidak dalam merawat telurnya.
  5. Dan saat burung sudah lahir, maka tiba saatnya untuk meloloh sang anak. Pada saat masa ini, anda cukup memberikan makanan yang hidup saja seperti belalang, kroto, ulat, atau bisa juga jangkrik pada pagi hari, siang, dan juga sore harinya sampai sang anak burung itu bisa makan dengan sendirinya.
  6. Ketika sang anak burung sudah bisa makan sendiri, maka saat tersebut sang anak sudah dapat dipisahkan dari sang induk.

Kandang Ternak Kacer

Hal yang wajib anda perhatikan dalam pembuatan kandang untuk burung kacer ialah ukurannya, ukuran kandang yang bagus untuk melakukan ternak burung ini adalah 90x90x180 cm. Dan untuk bahan membuat kandang kacer ini bisa menggunakan kayu untuk bagian kerangkanya, dan usahakan kayu yang digunakan jenis kayu yang bagus dan keras. Sehingga akan terhindar dari serangan rayap dan sebagainya. Sedangkan untuk penutupnya bisa menggunakan strimin yang berukuran sesuai dengan ukuran kadang. Dan untuk lebih mendukung suasana peternakan kacer, anda bisa menambahkan beberapa unsur pada kandang seperti tumbuh-tumbuhan, kolam yang dangkal memakai tempat cawan atau bisa juga memakai kaleng, terdapat area makan dan juga minuman, pangkringan atau tempat pijakan burung, glodok sarang, dan tulang sotong.

Dan pada saat anak burung kacer ini sudah besar, maka anda harus tahu cara merawat burung kacer yang benar dan baik agar burung tersebut bisa memiliki kicau yang bagus dan keras. Dengan itu berakhir sudah untuk Kandang dan Cara Ternak Kacer yang kiranya dapat kami berikan untuk kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja info burung yang baru saja kami sajikan kali ini dapat memberikan banyak manfaat untuk anda semuanya. Dan kira-kira anda ingin mengetahui lebih banyak lagi informasi mengenai burung-burung, maka silahkan bagi anda untuk sering-sering berkunjung ke situs kami setiap harinya.

Save

Advertisement
Kandang dan Cara Ternak Kacer Yang Benar Tepat | vengking | 4.5