Tips Melatih Mental Burung Murai Bakalan

Advertisement

Tips Melatih Mental Burung Murai Bakalan – Apakah kawan kawan semua adalah salah satu pemilik burung murai yang sering di perlombakan, jika iya pastilah kawan kawan semua menyadari kalau burung murai jika ingin memenangi kejuaraan maka burung murai harus memiliki mental yang sangat baik, karena apabila tidak memiliki mental yang baik maka burung akan setres apabila melihat lawan yang begitu banyak serta bermental sangat bagus. Buat kawan kawan semua yang belum tau tipsnya maka kawan kawan semua harus baca di bawah ini mengenai tips membuat burung murai bermental juara.

melatih mental burung murai
Melatih Mental Burung Murai Bakalan

Yang pertama perlu kawan kawan pahami mengenai pelatihan mental burung murai adalah kalau murai yang masih muda bakalan lebih  mudah di latih mentalnya ketimbang murai yang sudah berumur atau murai yang sudah tua. Meskipun hal itu tidak semua namun bila di presentasekan sekitar 80 persen banding 20 persen. Jadi saran saya latihlah mental burung murai sedari dini.

Melatih mental burung murai juga tidak boleh terburu buru, jadi kalau akunya bilang kawan kawan semua sebaiknya melakukan pelatihan secara bertahap. Yang jelas kawan kawan harus berhati hati mengenai membuka kerodong burung, karena apabila kawan kawan semua terlalu sering membuka atau membuka di tempat yang sembarangan maka kawan kawan semua akan merusak mental si burung. Hal itu karena bisa saja kawan kawan membuka di tempat yang ramai akan suara kendaraan atau di tempat yang memang banyak burungnya.

Advertisement

Sebaiknya kawan kawan semua lakukan pengenalan terlebih dahulu kepada muarai yang akan di latih, dan pengenalan yang saya magsud adalah bawa burung ke area lomba namun lomba yang cukup sedang saja atau kecil, jangan ke lomba yang besar, nanti burung kawan kawan akan setres. Setelah melakukan kunjungan atau pengenalan ke area lomba, kawan kawan selanjutnya mencoba untuk melakukan trek dengan burung murai lainnya, namun pertama tama jangan buka sarangnya sekitar 5 menit, dan apabila di waktu lima menit burung kawan kawan semua masih tetap berkicau maka lanjutkan. Di menit ke 10 buka kerudung separo saja, dan jika burung kawan kawan semua berani melihat lawan dan tetap berkicau maka teruskan. Di menit ke 15 jika murai kawan kawan masih tetap berkicau maka buka sarang dan lanjutkan sampai menit ke 20.

Tips Melatih Burung Murai Bakalan

Kawan kawan lakukan pelatihan secara rutin, yakni 2 atau 3 kali seminggu selanjutnya sembari kawan kawan memberikan masteran, dan perhatikan juga pada saat di latih trak apakah murai kawan kawan bunyi standar atau berkicau masteran juga, jika berkicau masteran juga maka tinggal di teruskan saja pelatihannya secara rutin.

Lakukanlah kegiatan yang aku saranin di atas sampai murai kawan kawan semua benar benar bermental dan nantinya juara. Apabila kawan kawan semua merasa ingin tahu lebih tips mengenai burung kicau yang lainnya maka kawan kawan semua coba juga lihat mengenai cara ampuh melatih mental burung anis merah yang juga sangat populer di kalangan pecinta burung.

Advertisement
Tips Melatih Mental Burung Murai Bakalan | | 4.5