Cara Membedakan Burung Murai Batu Jantan dan Betina

Advertisement

Cara Membedakan Burung Murai Batu Jantan dan Betina – Bagi anda pecinta burung kicau pastinya sudah tidak asing dengan burung murai batu, ya burung murai merupakan salah satu burung kicau yang paling populer dan banyak disukai oleh para kicau mania. Suara burung murai batu yang merdu dan keras menjadi salah satu faktor yang menyebabkan burung murai batu banyak di sukai oleh para kicau mania. Dan selain kicauan yang merdu, penyebab lain yang membuat burung kicau yang satu ini banyak disukai oleh para pecinta burung yakni warna bulu yang melekat pada tubuh burung ini.

Burung murai batu

Namun yang perlu anda ketahui, apabila anda ingin memelihara burung murai sebagai burung kicau anda di rumah. Kami sarankan beli lah burung murai batu jantan sebab burung murai batu jantan memiliki suara kicauan yang lebih keras dibandingkan dengan burung murai batu betina. Dan kebanyakan burung murai yang sering mengikuti kejuaraan yaitu burung murai jantan yang memiliki suara yang keras. Nah apabila saat ini ingin membeli burung murai jantan namun tidak bisa membedakan burung murai batu jantan dan betina, anda tidak perlu khawatir. Berikut ini kami sudah merangkum cara membedakan burung murai jantan dan burung murai betina.

Advertisement

Cara Membedakan Burung Murai Batu Jantan dan Betina

Ciri Burung Murai Batu Jantan

  1. Ukuran badannya besar
  2. Warna bulu dibadannya sangat hitam dan mengkilat, namun di bagian dada lebih ke warna coklat gelap.
  3. Di bagian punggungnya ada bulu berwarna putih
  4. Kepala lebih besar
  5. Kelopak mata lebih menonjol keluar
  6. Paruh panjang dan tebal
  7. Kaki tebal dan kokoh
  8. Kicauan lebih merdu,variasi dan keras

Ciri Burung Murai Batu Betina

  1. Ukuran badannya kecil.
  2. Warna bulu utama berwarna hitam sedikit abu-abu.
  3. Warna bulu pada bagian dada coklat muda.
  4. Bulu putih yang ada di bagian punggung terlihat kecil
  5. Bagian ekornya pendek dan kecil.
  6. Ukuran kepalanya kecil dan kelopak mata tidak terlalu menonjol keluar.
  7. Ukuran paruhnya kecil dan pendek serta sedikit bengkok
  8. Kakinya pendek dan tipis tulangnya.
  9. Suara kicauan cenderung monoton dan kecil.

Itulah beberapa ciri burung murai batu jantan dan betina yang bisa anda lihat jika anda ingin membeli burung murai batu. Dan yang perlu di ingat untuk membuat burung murai batu jantan memiliki suara yang berkualitas dan keras, ada perawatan burung murai batu yang harus anda lakukan supaya burung murai batu anda gacor. Untuk cara merawat burung murai batu supaya cepat gacor anda bisa melihat informasinya dibawah ini.

Merawat burung murai betina

Demikianlah ulasan informasi tentang cara membedakan burung murai batu jantan dan betina yang bisa anda kami berikan untuk anda. Supaya wawasan anda seputar dunia burung kicau bertambah lagi, anda bisa membaca rahasia merawat burung jalak suren yang sudah kami bahas dikesempatan sebelumnya

Advertisement
Cara Membedakan Burung Murai Batu Jantan dan Betina | zie | 4.5