Penyakit Murai Batu Dan Cara Mengobatinya

Advertisement

Penyakit Murai Batu Dan Cara Mengobatinya – Tentu dalam memelihara hewan, entah itu burung atau hewan lainnya tantangannya adalah pada saat hewan kesayangan dan dalam hal ini adalah burung murai batu sakit. Penyebab sakit hewan tentunya sangat beragam, namun penyebab utama adalah dari makanan dan kebersihan, dan selain penyebabnya yang bermacam macam, jenis penyakitnya juga bermacam macam pula. Apabila kawan kawan semua ingin mengetahui informasi mengenai macam macam penyakit yang sering di derita murai batu dan cara mengobatinya maka sebaiknya kawan kawan semua baca saja di bawah ini dengan cermat.

penyakit murai batu

Penyakit Murai Batu

– Penyakit pertama adalah murai batu mengalami pincang, dan penyabab murai batu pincang itu ada beberapa hal, dan yang pertama adalah karena infeksi jamur, bubul, keram dan juga karena luka. Itu semua bisa terjadi kandang yang kurang bersih atau karena murai menginjak bagian kandang yang rucing hingga luka.

Advertisement

Cara mengatasi apabila mb terkena bubul adalah di sobek bubulnya lalu di beri anti septik seerta obat merah atau betadin. Apabila terkena infeksi jamur, maka kawan kawan sebaiknya bersihkan dengan antiseptik secar rutin dengan kapas minimali sehari sekali, namun apabila hanya luka saja kawan kawan tinggal mengoleskan obat merah pada daerah luka, namun apabila karena murai keram, maka sebaiknya oleskan obat urut atau balsem secukupnya.

– Penyakit kedua adalah apabila murai batu kehilangan selera makan dan kotorannya sangat berlendir, dan itu di sebabkan karena murai batu memakan makanan yang tidak bersih serta meminum air yang kurang bersih, serta karena murai batu hidup di kandang yang kotor.

Apabila mb kawan kawan semua mengalami gejala yang seperti saya bilang di atas, cara mengatasinya adalah memberikan pakan dan minuman yang sudah terjamin bersih dan juga fresh, bersihkan kandang lebih rutin lagi, atau setiap pagi dan juga sore hari, lalu berikan vitamin setiap seminggu sekali.

– Penyakit ketiga adalah apabila mb anda mengalami gangguan suara, seperti suaranya rusak atau serak, dan hal itu biasanya dikarenakan karena cuaca yang lembab dan juga kandang yang kotor atau juga karena mb memakan makanan yang kasar seperti jangkrik atau belalang yang pada bagian kakinya tajam.

Apabila karena flu atau cuaca yang lembab maka kawan kawan sebaiknya harus sering menjemur mb serta bersihkan kandang lalu berikan vitamin agar daya tahan tubuhnya membaik. Apabila mb kawan kawan suaranya rusak karena makan makanan yang kasar maka sebaiknya kawan kawan semua memberikan makanan yang lembek sekitar satu mingguan samapai tenggorokan mb kawan kawan membaik, dan contoh makanan yang lembek dan halus adalah kroto, atau apabila ingin tetap memberikan jangkrik maka buanglah kepala serta kakinya.

Penyakit Murai Batu Dan Mengobatinya

Nah itu semua adalah beberapa penyakit yang sering di derita oleh murai batu dan juga akunya sertakan juga cara mengobatinya, apabila dirasa kurang informasi mengenai burung, maka akunya mau kasih saran sama kawan kawan semua buat baca mengenai cara menjodohkan burung lobebird dengan cepat.

Advertisement
Penyakit Murai Batu Dan Cara Mengobatinya | | 4.5