Permasalahan Burung Kacer Saat Lomba,Cara Mengatasinya

Advertisement

Permasalahan Burung Kacer – Burung kacer adalah salah satu jenis burung kicau yang sering mengikuti berbagai macam perlombaan burung. Hal ini dikarenakan burung kacer memiliki suara kicauan yang merdu dan unik, tidak sedikit para kicau mania melakukan berbagai macam perawatan supaya burung kesayangannya menang di ajang perlombaan. Dan kalau boleh kami berpendapat, untuk membuat burung kacer bisa menjadi juara tidak lah mudah perlu banyak proses yang harus dilakukan.

burung kacer

Pada biasanya sebelum burung kacer di ikut sertakan dalam sebuha perlombaan, para kicaua mania melakukan berbagai macam perawatan. Dan salah satu perawatan yang bisa dikatakan wajib pada burung kacer sebelum mengikuti perlombaan yaitu dengan melatih mental burung kacer itu sendiri. Namun yang perlu kami ingatkan kepada anda walaupun anda sudah bisa dikatakan berhasil melatih mental burung kacer, bukan berarti tugas anda selesai. Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi saat burung kacer saat di lombakan, untuk mengantisipasi hal tersebut alangkah baiknya jika anda mengetahui beberapa permasalahan burung kacer pada saat lomba. Untuk info lebih jelasnya, mari perhatikan info lengkapnya dibawah ini.

Advertisement

Permasalahan Burung Kacer Saat Lomba Dan Cara Mengatasi

Diam saat dalam perlombaan.

Pada umumnya burung yang diam saat dalam perlombaan dikarenakan burung kacer masih belum mempunyai pengalaman atau bisa dikatakan masih demam panggung. Terus bagaimana cara mengatasi keadaan tersebut yaitu lebih giat lagi melatih mental burung di waktu masih muda. Atau dengan cara memasukan burung lain ke dalam sangkarnya. Jika dirasa sudah memiliki mental yang cukup, anda bisa membawanya ke even lomba berikutnya.

Kurang ngotot

Keadaan burung kacer yang kurang ngotot diakibatkan bahwa burung masih belum siap untuk tempur yang biasanya disebabkan kurangnya pemberian ekstra fooding (EF). Cara mengatasinya yaitu dengan menambah asupan ekstra fooding, menambah jam waktu penjemuran, membangkitkan sifat tempur dengan cara memasukan lain kedalam sangkarnya dan yang terakhir sering di latih di lapangan.

Suara serak

Dan tidak sedikit juga permasalahan burung kacer saat lomba yaitu suara burung kacer serak, kicauan atau suara burung kacer yang serak dapat mempengaruhi penilain juri. Sementara untuk mengatasi burung kacer suara serak yaitu dengan mengganti air minum dengan air larutan yang banyak tersedia di toko-toko.

Kurang gaya

Mungkin untuk anda yang rutin mengunjungi perlombaan burung, kami rasa anda pernah melihat burung kacer yang kurang gaya. Maksud dari kurang gaya tersebut yaitu si burung tidak menunjukan atraksi buka ekor gaya ngobra. Dan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan melakukan setelan perubahan dari tenggerannya. Contohnya dengan menggunakan metode dua tangkringan palang sejajar ataupun meyilang.

Sering turun ke bawah

Cara mengatasi kondisi seperti ini, anda bisa mengatasinya dengan memberikan karet pada dasar kandangnya atau juga dapat menaruh bola-bola plastik didasar sangkarnya.

Mbagong

Permasalah mbagong pada kacer yaitu permasalahan yang sering ditemui oleh para kicau mania. Cara mengatasi burung kacer mbagong saat perlombaan diantaranya memberikan terapi mandi malam dengan mengunakan air yang dingin, banyak diumbar untuk melatih stamina, terapi mandi air panas, dimabungkan terlebih dahulu, dikarantina dan masih banyak yang lainnya.

Itulah beberapa permasalahan burung kacer saat lomba yang bisa anda ketahui, pada umumnya permasalahan burung kacer tersebut biasanya tidak lepas dari usia burung yang masih muda, kurang figther, kurang stamin atau juga birahi yang terlalu berlebihan.

Advertisement
Permasalahan Burung Kacer Saat Lomba,Cara Mengatasinya | zie | 4.5